BAB 3
MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN
Dalam perencanaan pembuatan media tidak cukup
dengan niat dan ide cemerlang namun perlu dipersiapkan dalam bentuk naskah misalnya
: apakah media tersebut berkaitan dengan pembelajaran.?untuk siapa media
tersebut kita buat.? Bagaimana karakteristik siswa tersebut.?
Langkah – langkah perencanaan media
Identifikasi
kebutuhan dan karakteristik siswa
Kebutuhan dalam pembelajaran yang dimaksud
adalah adanya kesenjangan dalam kemampuan , keterampilan dan sikap siswa yang
kita inginkan dengan kemampuan,
keterampilan dan sikap siswa yang mereka miliki sekarang.
Contoh jika yang kita inginkan siswa menguasai 1500 kosa kata
bahasa inggris sedangkan siswa hanya mampu menguasai 800 kata maka terjadilah
kesenjangan 700 kata lagi dalam hal ini dibutuhkan sebuah pembelajaran
bagaimana meningkatkan kemampuan meningkatkan kosa kata sehingga tercapai
target 1500 kata.
Perumusan tujuan
Tujuan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan
karena dengan tujuan akan mempengaruhi arah dan tindakan kita.
Contoh karena shampoo
kesayanganya habis sebelum mandi ami menyuruh adiknya membeli shampo dan
berkata eni tolong beliin kaka shampo namun sesampainya di toko eni bingung karena dia tidak tau harus
membeli shampoo apa, dan akhirnya dia membeli shampo yang dia kehendaki,
sesampainya dirumah kaka ami terkejut karena shampo yang dia beli tidak sesuai.
Apabila kita amati di conoh ini tujuannya sudah ada namun sayang tidak dirumuskan dengan jelas, maka wajarlah
terjadi salah penapsiran.
Perumusan materi
Materi perlu disusun dengan memperhatikan criteria – criteria
tertentu diantaranya:
1.
Sahih atau valid
2.
Tingkat kepentingan ( significant )
3.
Kebermanfaatan ( Utility )
4.
Learnability ( dipelajari )
5.
Menarik minat
Perumusan Alat Pengukur
Keberhasilan
Pembelajaran
yang kita lakukan haruslah diukur apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai
atau tidak ? untuk hal tersebut maka diperlukan alat pengukur keberhasilan
belajar yang berupa tes, penugasan atau daftar cek perilaku.
Penulisan Garis Besar Program Media
(GBPM)
GBPM
merupakan petunjuk yang dijadikan pedoman oleh beberapa penulis naskah. GBPM
dibuat dengan mengacu pada analisis kebutuhan, tujuan, dan materi.
Manfaat yang dapat diperoleh dari
media ini :
1. Terjadinya
persamaan persepsi
2. Effisien
: tidak memerlukan penjelasan yang panjang
3. Effektif
: sampai pada sasaran
4. Motivatif
dan rekreatif
PENULISAN NASKAH MEDIA
Pengertian naskah media
Secara
umum pengertian naskah dalam perencanaan program media dapat diartikan sebagai
pedoman tertulis yang berisi informasi dalam bentuk visual, grafis, dan audio
sesuai dengan acuan pembuatan media tertentu.
Dilihat
dari fungsi media sama yaitu sebagai penuntun dalam memproduksi media , unsur –
unsur audio, teks, visual,yang harus ditampilkan dalam media beserta urutannya
dengan jelas.
Jenis – Jenis Naskah
1. Naskah
media audio
Yaitu
media yang memberikan informasi dalam bentuk audio atau suara dan untuk
menerima informasi tersebut memerlukan indra pendengaran.
2. Naskah
media video
Yaitu
media yang menyajikan informasi dalam bentuk suara dan visual.
3. Naskah
media grafis
Yaitu
media yang dihasilkan melalui dicetak, melukis,atau diprinting.
BAB 4
TEKNIK PEMILIHAN MEDIA
1.
Alasan Teoritis Pemilihan Media
Beberapa alasan teoritis
pemilihan media diantaranya:
-
Penggunaan media akan meningkatkan
kebermalnaan hasil belajar
-
Didasari atas konsep pembelajaran
sebagai sebuah sistem yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang tterdiri
atas sejumlah komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan.
2.
Alasan Praktis Pemilihan Media
Beberapa alasan praktis
pemilihan media diantaranya:
-
Demonstration yaitu media dapat
digunakan alat sebagai untuk mendemonstrasiakan sebuah konsep.
-
Familiarity yaitu sudah terbiasa
menggunakan media tersebut sehingga pengguna sudah merasa menguasai benda tersebut.
-
Clarity yaitu media dapat memperjelas
pesan dan memberikan pesan yang kongkrit.
-
Active Lerning yaitu media dapat lebih
dari yang biasanya sala satu aspek yang harus diupayakan oleh guru dalam
pembelajaran adalah bagaimana siswa harus berperan secara aktif baik secara
fisik, mental, emosional.
Kriteria
Pemilihan Media
1. Kriteria
Umum Pemilihan Media
Secara singkat dapat dikatakan
bahwa dasar pertimbangan pemilihan media adalah dapat terpenuhinya tujuan dan
tercapainya tujuan pembelajaran.
Beberapa Kriteria umum pemilihan media
-
Kesesuaian dengan tujuan ( Instructional
goals )
-
Kesesuaian dengan materi pembelajaran (Inscontent
tructional )
-
Kesesuaian dengan karakteristik
pembelajaran siswa
-
Kesesuaian dengan teori
-
Kesesuaian dengan gaya belajar siswa
-
Kesesuaian dengan kondisi lingkungan,
fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia
2. Kriteria
Khusus Pemilihan Media
-
Access
-
Cost
-
Technology
-
Interactivity
-
Organization
-
Novelty
Prosedur
Pemilihan Media Pembelajaran
1. Format Pemilihan Media
Secara
umum terbagi menjadi dua format yaitu folowchart
dan matrik dan (checklist )
2. Format folowchart
3. Format matrik
4. Format checklist
0 komentar:
Posting Komentar